PUSAT PENGEMBANGAN KARIR dan KEWIRAUSAHAAN

UNIVERSITAS LANCANG KUNING
Sunday, 14 Jul 2024

Seminar Pembekalan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir

Berita Umum | 24 Maret 2022 00:00 wib Seminar Pembekalan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir ‘’Membangun Personal Branding Bagi Pengembangan Karir Alumni’’

UNILAK PEKANBARU-Melirik dunia kerja yang membutuhkan pengembangan skill,universitas lancang kuning menggelar webinar.adapun tea dari rangkaian webinar pertama,rabu( 16 maret 2022)

Acara yang digelar secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting ini dimulai dengan pembukaan oleh moderator, serta dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sementara Rektor Unilak, Dr. Junaidi, S.S., M.Hum dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan hasil seleksi proposal yang disusun oleh salah seorang dosen Unilak kepada Direktorat Pendidikan Tinggi dan Riset, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi. Hasil seleksi tersebut menyisihkan banyak usulan proposal yang masuk dan terpilihlah proposal dari Unilak.

“Terima kasih kepada Dr. Indra Purnama.S.Pd.,Mc selaku dosen Faperta Unilak dan Plt. Ketua P2K2 Unilak yang telah melayangkan proposal kegiatan ini sehingga terpilih dan dapat berlangsung kegiatan ini,” jelas Rektor bangga.


pembekalan mengangkat tema’’membangun personal branding bagi pengembangan karir alumni”.


Sementara Dr. Indra Purnama, M.Sc selaku pengusul kegiatan menyampaikan bahwasannya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan tambahan bekal bagi alumni dan mahasiswa Unilak yang akan memasuki dunia kerja. Sebagaimana diketahui bahwa kebutuhan dunia kerja hari ini tidak lagi dinilai sama dengan dunia kerja sebelumya.

“Awalnya kami mengagendakan kegiatan ini diperuntukkan kepada alumni, mahasiswa dan dosen Unilak. Namun kami rasa tidak ada salahnya juga dibuka untuk umum kepada siapa saja yang ingin bergabung,” Dijelaskan Indra, pembekalan alumni, berdasarkan survei ternyata sangat penting, dan tahun ini P2K2 konsen melakukan pengembangan karir mahasiswa dan alumni yang baru menyelesaikan studi. Disebutkan, ketika menjadi alumni bukan berarti selesai putus hubungan dengan kampus. Kampus akan melakukan tracer study kepada alumni apakah sudah bekerja, dan berapa lama mendapatkan pekerjaan setelah tamat. Karena ini berguna bagi kampus untuk pengembangan agar lebih maju.

 “Artinya kita harus melakukan penyesuaian atau beradaptasi dengan pola kerja pada hari ini. Perkembangan teknologi harus membuat kita berubah. Perubahan itu dipercepat oleh keberadaan pandemi. Makanya kita harus melakukan perubahan dan penyesuaian. Kita harus mengupdate mengupgrade kemampuan kita. Manfaatkan materi webinar ini nantinya karena disampaikan langsung oleh pakar-pakar yang kompeten,” terangnya.

Dilihat 934 kali
Link