PUSAT PENGEMBANGAN KARIR dan KEWIRAUSAHAAN

UNIVERSITAS LANCANG KUNING
Tuesday, 31 Jan 2023

TENTANG KAMI


Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Lancang Kuning (P2K2 Unilak) adalah unit yang berada di bawah koordinasi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan berdiri sejak tahun 2010 dengan nama Unilak Entrepreneurship Centre (UNIEC) melalui SK Rektor No 294/Pts.X.41-R/A.17/2010. Perubahan UNIEC menjadi P2K2 berdasarkan SK Rektor No 178/PTS.X.41-R/D.13/2014 pada 10 Februari 2014. 

Kepala P2K2 pertama dijabat oleh Bapak Ir. Dedi Zargustin, M.Si Periode 2014-2018, yang kemudian diteruskan oleh Bapak Hardi SE, MM Periode 2018-2020. Estafet kepemimpinan di P2K2 Unilak dilanjutkan oleh Ibu Nabella Puspa Rani SH.MH Periode 2020-2022. Namun, sebelum berakhirnya kepengurusannya, Ibu Nabella meninggalkan semua civitas akademika Unilak yang telah berpulang ke rahmatullah pada 24 April 2021. Untuk mengisi kekosongan pimpinan di P2K2 Unilak, Rektor Unilak menunjuk Bapak Dr. Indra Purnama, M.Sc sebagai Plt Kepala P2K2 pada 28 April 2021.

Fungsi utama dari dibentuknya P2K2 Unilak diantaranya adalah menjalin kerjasama dengan perusahaan/instansi dan juga UMKM (usaha mikro kecil dan menengah), melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan karir serta kewirausahaan mahasiswa, serta membantu kegiatan kemahasiswaan yang berkenaan dengan fungsi utama P2K2 Unilak. Dalam bidang karir, P2K2 Unilak memiliki fungsi menyiapkan lulusan atau mahasiswa tingkat akhir sebelum terjun ke dunia kerja melalui berbagai pelatihan pengembangan karir khususnya yang menyangkut dengan soft skill, dan mengadakan bursa kerja, termasuk mengembangkan informasi bursa kerja secara online yang secara langsung menjembatani antara perusahaan/instansi dengan pencari kerja khususnya alumni. Dalam bidang kewirausahaan P2K2 Unilak memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Ipteks kepada para mahasiswa dengan tujuan agar dapat mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja  (job seeker)   menjadi    pencipta   lapangan    pekerjaan    (job creator)   serta menjadi pengusaha yang tangguh, mandiri dan kreatif.

Dalam perjalanannya, P2K2 Unilak telah membawa banyak prestasi bagi Unilak, mulai dari mempersiapkan tim yang lolos didanai pada program Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM), program Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI), Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI), Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), program Entrepreneurship Award (EA), hingga mengurus tracer study.