PUSAT PENGEMBANGAN KARIR dan KEWIRAUSAHAAN

UNIVERSITAS LANCANG KUNING
Tuesday, 31 Jan 2023

Petunjuk Registrasi

Alur Membership

Secara default, sistem carcentOS memiliki jenis keanggotaan untuk dua sisi: obseeker (mahasiswa, fresh graduate, dan alumni) serta employer (perusahaan rekanan pusat karir atau perguruan tingi). Dalam bagian ini akan dijelaskan alur keanggotaan untuk masing-masing jenis anggota di atas.

 

Untuk menerapkan alur yang berbeda sama sekali, silakan berkonsultasi dengan tim pendukung teknis carcentOS.

 

Jobseeker Membership System

Anggota yang masuk dalam kategori Jobseeker adalah member yang berasal dari mahasiswa, fresh graduate dan alumni. Sistem carcentOS membedakan antara alumni Institusi di mana Pusat Karir tersebut bernaung, dengan alumni dari civitas akademika lainnya.

 
Member Lama

Member lama adalah member yang sudah memiliki nomor keanggotaan dari pusat karir yang ada. Data member lama bisa berasal dari database member dari sistem lama yang diinjeksikan ke dalam sistem baru, atau merupakan member non-alumni yang memilih keanggotaan berbatas waktu dan masa keanggotaannya sudah berakhir. Member lama tidak akan aktif hingga member tersebut mendaftar kembali ke dalam sistem sebagai "Member lama".

Prosedur yang berlaku adalah sebagai berikut:

 

Member mendaftar ⇒ pilih "Member lama" ⇒ masukkan data awal, termasuk "ID member" ⇒ klik "Daftar" ⇒ login pertama kali ⇒ mengisi kelengkapan data ⇒ selesai

Setelah proses selesai, member bisa aktif menggunakan akunnya, termasuk untuk memantau lowongan yang dipasang dan melakukan lamar secara online (online apply).

 

Jika muncul informasi "Maaf No Registrasi Anda tidak ditemukan dalam database kami. Cek sekali lagi penulisannya.", kemungkinan member salah memasukkan nomor ID, atau memang nomor ID tersebut tidak ada di dalam database.

 

Member Lifetime Alumni

Member lifetime alumni adalah member alumni perguruan tinggi terkait, yang datanya dimasukkan melalui injeksi database pada fitur Database Alumni. Kunci yang digunakan sebagai pendeteksi member adalah Nomor Induk Mahasiswa (NIM). Meskipun datanya diinjeksikan, member tetap harus mendaftar untuk bisa masuk sebagai member sistem secara penuh. Prosedurnya sebagai berikut:

 

Database diinjeksikan ⇒ member mendaftar ⇒ pilih "Member baru" ⇒ pilih "Member jobseeker lifetime alumni" ⇒ isikan data awal, termasuk NIM ⇒ klik "Daftar" ⇒ login pertama kali ⇒ mengisi kelengkapan data ⇒ selesai

Setelah proses selesai, member bisa aktif menggunakan akunnya, termasuk untuk memantau lowongan yang dipasang dan melakukan lamar secara online (online apply). Jangka waku keanggotaan member alumni adalah seumur hidup, dan biaya keanggotaannya secara default adalah gratis (tidak berbayar).

 

Jika muncul informasi "Maaf, NIM anda tidak ditemukan dalam database alumni PUSAT KARIR", kemungkinan member salah memasukkan NIM, atau memang NIM tersebut tidak terdaftar dalam database.

 

Member non-alumni

Member non-alumni merupakan member yang berasal dari perguruan tinggi lain, dan mendaftar ke dalam sistem sesuai dengan pilihan batasan waktu yang dipilih. Member tipe ini tidak perlu memasukkan data ID maupun NIM saat mendaftar. Prosedurnya sebagai berikut:

 

Member mendaftar ⇒ pilih "Member baru" ⇒ pilih batasan waktu keanggotaan ⇒ isikan data awal untuk pendaftaran ⇒ klik "Daftar" ⇒ klik "Konfirmasi Pembayaran" ⇒ administrator menyetujui pembayaran ⇒ login pertama kali ⇒ mengisi kelengkapan data ⇒ selesai

Setelah proses selesai, member bisa aktif menggunakan akunnya, termasuk untuk memantau lowongan yang dipasang dan melakukan lamar secara online (online apply). Jangka waktu keanggotaan member non-alumni sesuai dengan batasan waktu yang dipilih saat mendaftar: 6 bulan, 1 tahun atau lifetime. Untuk pilihan waktu terbatas, sistem akan langsung menon-aktifkan keanggotaan saat sudah melewati batas waktu yang dtetapkan, sehingga member harus mendaftar kembali untuk bisa beraktivitas dengan lancar.

 

Jumlah pembayaran yang harus disetorkan untuk setiap pilihan batasan waktu dan nomor rekening yang tertera bisa diatur melalui back-office.

 

Employer Membership System

Member Employer atau Company merupakan perusahaan-perusahaan yang menjadi rekanan pusat karir atau Perguruan Tinggi terkait dalam hal Rekrutmen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Member Employer perlu diakomodasi secara khusus mengingat karakter member dan jenis informasi yang akan disampaikan kepada member tersebut sangat berbeda dengan jobseeker. Perusahaan yang menjadi member employer umumnya diwakili oleh Staf Senior bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) atau justru dipegang langsung oleh anajer atau pimpinan perusahaan. Strategi yang diterapkan oleh sistem carcentOS adalah dengan memberikan sentuhan khas sesuai dengan karakter masing-masing tipe member, salah satunya dengan menerapkan adanya member employer.

 

Prosedur yang berlaku bagi member employer adalah sebagai berikut:

 

Member mendaftar ⇒ mengisi data perusahaan ⇒ mengisi data contact person ⇒ login ke halaman Dashboard ⇒ memilih paket publikasi ⇒ berlangganan paket publikasi ⇒ memasang publikasi lowongan ⇒ mengirim panggilan tes

Pada alur di atas, tampak bahwa ada dua data yang diperlukan untuk memverifikasi validitas member employer:

  • Data perusahaan
  • Data contact person

Administrator Pusat Karir bertugas mengecek validitas data-data di atas, sehingga member employer yang mendaftar bisa dipastikan resmi mewakili sebuah perusahaan yang bonafid.

 

Member employer baru bisa memasang lowongan, atau mengajukan request pemasangan lowongan kepada administrator, kemudian administrator mengkonfigurasi paket publikasi untuk employer, supaya bisa melakukan pemasangan lowongan pekerjaan di sistem carcentOS. Pemasangan lowongan pekerjaan hanya bisa dilakukan oleh administrator atas permintaan member employer.